Sandiaga Uno: Ekonomi Kreatif adalah Kekuatan Masa Depan Indonesia

  • Whatsapp
Sandiaga Salahuddin Uno, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif menyebutkan, rangkaian acara Apresiasi Kreasi Indonesia 2021 dimulai pada 28 Mei hingga 4 Desember 2021. Foto: ist

indoposonline.id – Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) menggelar Apresiasi Kreasi Indonesia 2021 sebagai sebuah wadah kreasi masyarakat untuk bisa mengangkat kembali potensi, semangat, dan pendapatan dari pelaku di industri kreatif. Program ini sendiri mengangkat tema “Produk Indonesia Untuk Ekonomi Kuat”.

Rangkaian acara Apresiasi Kreasi Indonesia 2021 dimulai pada 28 Mei hingga 4 Desember 2021. Mengawali program, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif akan menyenggarakan acara bertajuk “Launching Apresiasi Kreasi Indonesia 2021” dengan tema ‘Produk Indonesia untuk Ekonomi Kuat’.

Bacaan Lainnya

“Dengan adanya ajang Apresiasi Kreasi Indonesia 2021 diharapkan dapat memberi kesempatan masyarakat untuk dapat meningkatkan pengetahuan dengan pelatihan kewirausahaan dan mentoring,” kata Sandiaga Salahuddin Uno, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.

Sehingga, sambung dia, bisa mengangkat kembali potensi, semangat, dan pendapatan pelaku di industri kreatif khususnya di subsektor kuliner, kriya, fesyen, musik, aplikasi, permainan, film, dan animasi yang jatuh karena efek pandemi covid-19. Dengan begitu nantinya dapat meningkatkan daya saing, menghasilkan produk yang siap berkompetisi di pasar produk kreatif baik skala nasional maupun internasional, meneguhkan Ekonomi Kreatif sebagai tiang penopang ekonomi Indonesia, serta dapat mewujudkan kebangkitan ekonomi Indonesia di masa pemulihan pandemi.

Apresiasi Kreasi Indonesia 2021 ialah sebuah acara yang menggabungkan kekuatan media sosial dan media mainstream, serta diisi dengan atraksi budaya dan penampilan musik yang dikemas secara modern. Tentunya dilaksanakan dengan mengikuti protokol kesehatan yang berlaku.

Acara launching ini akan dipandu oleh host kenamaan Indonesia Nycta Gina dan Beddu. Plus penampilan dari beberapa penyanyi terbaik Indonesia seperti Naura, Novia Bachmid, dan Fitri Karlina.

Apresiasi Kreasi Indonesia 2021 merupakan program pengembangan ekonomi kreatif melalui fasilitasi inkubasi dan pameran kepada para pelaku ekonomi kreatif pada subsektor kuliner, kriya, fesyen, musik, film, animasi, aplikasi, dan permainan, yang akan di selenggarakan di sembilan provinsi/regional yang terdiri dari 20 kota/kabupaten di tiap provinsi di seluruh Indonesia. Yaitu, Bogor, Tasikmalaya, Bandung, Semarang, Surakarta, Wonosobo, Jepara, Banyumas, Pekalongan, Banyuwangi, Blitar, Surabaya, Malang, Denpasar, Lombok, Medan, Palembang, Lampung, Makassar, dan Balikpapan.

Rangkaian acara Apresiasi Kreasi Indonesia 2021 dimulai dengan kegiatan launching yang dilakukan pada 28 Mei 2021, kemudian dilanjutkan proses registrasi melalui website resmi www.apresiasikreasiindonesia.com. Di mana para peserta yang memenuhi syarat akan dikurasi menjadi 20 peserta per masing-masing kota untuk mengikuti pameran dan inkubasi.

Apresiasi Kreasi Indonesia 2021 berupa Inkubasi pelatihan kewirausahaan dan mentoring yang meliputi materi; bisnis model, hak kekayaan intelektual, digital promotion, perencanaan keuangan dan investasi, kreativitas, dan membuat bisnis untuk kategori yang telah ditentukan, pameran/showcase produk pelaku kreatif, Creative Talkshow yang akan dikemas dalam talkshow kreatif, dan workshop dimana peserta dapat hadir secara luring dan daring melalui platform digital, festival film, music live performance dan dengan acara puncaknya yakni Pekan Apresiasi Kreasi Indonesia 2021 yang akan dilaksanakan pada Desember 2021.

  • 0
  • 0
  • 0
  • 0
  • 0
  • 0
  • 0
  • 0
  • 0

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *